Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H

Berita Kota

Berita-berita seputar kegiatan yang terjadi di Kota Tebing Tinggi

Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Yang Ke-69

pdk-tebingtinggi-online | Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Upacara dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Tebing Tinggi, Sabtu (17/8/14) pagi. Detik-detik Proklamasi ditandai dengan dibunyikannya sirine dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi H. Syahrial Malik.

alt

Pengibaran duplikat Sang Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dari siswa-siswi SLTA se-Kota Tebing Tinggi dilaksanakan dengan penuh khidmat dengan iringan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh Peleton Musik (Tonsik) Kota Tebing Tinggi. Pada HUT RI tahun ini komandan peleton Paskibra dengan komandan seorang wanita Afni Milanda Zega siswi SMA Negeri 4 Tebing Tinggi, sementara Dita Khairani siswi dari SMA Negeri 1 Tebing Tinggi mendapat kehormatat sebagai pembawa baki duplikat Bendera Sang Merah Putih. Penggerek bendera Agung N. Harianja siswa SMA Negeri 1 dan Jaya Kusuma siswa SMA Negeri 1.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan Pawai yang diikuti seluruh peserta upacara dan sekolah-sekolah tingkat SLTP dan SLTA se-Kota Tebing Tinggi. 

Sebelumnya dalam sambutannya Walikota Tebing Tinggi yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi Drs. H. Pardamean Siregar, M.Ap pada upacara Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69,  tepatnya di Kantor Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi mengatakan bahwa sudah sepatutnya bangsa indonesia mensyukuri bahwa indonesia telah berhasil ditegakkan, namun bukan berarti perjuangan indonesia telah berhasil sepenuhnya. Dimasa yang telah lalu kemerdekaan lebih diprioritaskan, namun di saat sekarang ini bangsa indonesia diharuskan mengisi kemerdekaan dengan semangat dan jiwa kebangsaan agar dapat menghadapi berbagi persoalan dengan perjuangan.

Selengkapnya...

Pramuka Berperan Dalam Melengkapi Pendidikan Bagi Generasi Muda

Jum’at (8/08/14) Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pembina Pramuka Tingkat SD dan SMP di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi, kegiatan yang dipimpi langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi Drs. H. Pardamean Siregar, M.Ap berjalan dengan baik, dalam kegitan tersebut turut hadir Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tebing Tinggi Wal Asri, S.P.alt

Kegiatan pramuka sangatlah penting dan bahkan memiliki banyak manfaatnya, apalagi pramuka sudah menjadi salah satu ekstrakulikuler wajib di sekolah baik tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Pokok dari Gerakan Pramuka adalah untuk mengaktifkan kembali gugusdepan di seluruh dunia dan untuk terlaksanya pelbagai kegiatan yang dimilikinya. Sambut Kepala Dinas

Gerakan Pramuka tidak bisa berdiri dengan sendiri tanpa melibatkan pihak-pihak yang lain oleh karena itu Gerakan Pramuka memeprlukan dukungan yang kuat dari pelbagai pihak yaitu dukungan dari orang tua, melalui komite sekolah, dapat berperan aktif dalam mendukung Gugusdepan Gerakan Pramuka berbasis sekolah.

Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan Drs. H. Pardamean Siregar, M.Ap menyampaikan beberapa pesan apa saja  yang menjadi kewajiban selaku pembina Pramuka sebagai berikut :

Selengkapnya...

Idul Fitri 1 Syawal 1435 H di Kota Tebing Tinggi

pdk-tebingtinggi.com - online | Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM, bersama unsur muspida dan ribuan warga Kota Tebing Tinggi melaksanakan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1435 H (28/7) di Kota Tebing Tinggi yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Tebing Tinggi. Bertindak sebagai imam  H. Fadlansyah Putra, S.Pd.I dan Khotib Prof. Dr. H. Syukur Kholil, MA. Guru Besar Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Sumatera Utara.
 
altDalam sambutannya Walikota Tebing Tinggi mengatakan dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa sesuai dengan misi Pemerintah Kota Tebing Tinggi, akan melaksanakan wajib bisa membaca Al-Qur'an khusus bagi pelajar SMP yang beragama Islam yang bekerjasama Dinas Pendidikan dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Tebing Tinggi.
 
Usai melaksanakan Sholat Khotib dalam khutbahnya mengatakan Hari Raya Idul Fitri ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah. Menurut Konsep Islam, orang-orang yang beriman itu adalah bersaudara dan mereka harus senantiasa memperbaiki hubungan persaudaraan agar mendapat rahmat dari Allah SWT. Adanya perbedaan pilihan, keinginan, perbedaan suku, etnis atau bangsa tidak semestinya menjadi pemicu terjadinya pertentangan dan perselisihan di antara kita, sehingga dapat mengurangi semangat persaudaraan di antara sesama umat Islam. Seperti baru-baru ini (9 Juli 2014) kita baru saja melakukan pesta demokrasi yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, sudah barang tentu di antara kita mempunyai pilihan yang berbeda, tetapi perbedaan pilihan itu janganlah sampai dapat mengurangi atau merusak rasa persaudaraan atau ukhuwah islamiyah diantara kita, sebab akan membuat kita menjadi rapuh dan lemah sehingga tidak lagi menjadi umat yang disegani oleh kawan maupun lawan.
 

PELANTIKAN PENGAMBILAN SUMPAH JANJI KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH BARU

Pelantikan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi yang dilaksanakan pada hari Rabu (23/07/2014) di Aula Kantor Dinas Pendidikan Tebing Tinggi , Kepala Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi Drs. H. Pardamean Siregar, M.Ap. yang langsung mengambil sumpah pada pelantikan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Turut serta hadir dalam acara tersebut Kepala BKPP Kota tebing Tinggi yang diwakili H. Erwin Suheri Damanik, S.S, M.Sp.

alt

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan bahwa pergantian suatu jabatan itu dilakukan karena memang kondisi yang mengharuskannya terjadi, seperti adanya pejabat yang pengsiun, perlunya penyegaran, dinilai kurang kompeten atau karena tuntunan kedinasan yang memang menghendaki adanya perubahan.

Juga kepala Dinas menyampaikan bahwa tantangan yang akan dihadapi dalam sebuah instansi/organisasi itu pasti ada apalagi dimasa yang akan datang jauh lebih berat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kepada Kepala Sekolah yang baru ada beberapa hal yang harus diperhatikan kerjakan dan dilaksanakan :

Selengkapnya...

KESUKSESAN MEMBUTUHKAN PENGETAHUAN

pdk-tebingtinggi.com-online | Senin (21/07/2014) tepatnya di stadion Ramlan Yatim Jl. Gunung Leuser Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi  melaksanakan Upacara Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2014-2015 yang di Pimpin langsung oleh Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM. Turut hadir dalam upacara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi Drs. H. Pardamean Siregar, M.Ap, Pejabat Eselon III dan IV Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi,  Kepala TK,SD,SMP,SMA dan SMK, Pengelola Paud Non Formal Kota Tebing Tinggi.

Dalam sambutannya wali kota Tebing Tinggi menyampaikan bahwa Pendidikan suatu tahapan, batu loncatan untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik, tanpa pendidikan sangat sulit untuk memperbaiki taraf hidupnya. Dengan kata lain kunci untuk meraih kesuksesan itu adalah pendidikan.

alt

Pentingnya pendidikan dalam menjalani kehidupan, maka setiap orang berlomba-lomba untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi baik melalui jalur formal maupun non formal. Namun jalur formal tidak mencukupi dalam mendapatkan ilmu pengetahuan, maka disamping jalur formal maka banyak diantara para orang tua yang memasukkan anak-anaknya belajar tambahan melalui jalur  non-formal seperti kursus, les pripat dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM menyampaikan sekaligus memberikan motifasi kepada para pengawas sekolah, kepala Sekolah, Guru, Tutor dan Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Supanya menjadikan peranan pendidikan menjadi Kekuatan, tantangan sekaligus menjadi alat intropeksi diri terhadap apa saja yang sudah dan akan dilakukan sehingga lulusannya menjadi sumber daya yang santun, bertaqwa dan berakhlakul karimah yang baik. Oleh sebab itu diharapkan kepada Kepala Sekolah, Guru senantiasa memposisikan dirinya menjadi sosok curahan hati, fikiran, penampilan dan yang lebih penting adalah tutur kata yang menjadi panutan bagi siswa-siswinya.

Selanjutnya walikota memberikan beberapa wejangan terhadap siswa/i yang akan menjadi penerus bangsa diantaranya:

Selengkapnya...

Hari Jadi Kota Tebing Tinggi Ke-97 Dimeriahkan Dengan Permainan Tradisional Dan Apresiasi Seni Dan Sastra

pdk-tebingtinggi.com-online | Memperingati hari jadi Kota Tebing Tinggi yang ke-97 yang bertepatan hari Bhayangkara yang ke-68 dan hari Adiyaksa yang ke-54 berjalan dengan baik tanpa ada hambatan, turut haidr dalam acara tersebut Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM, Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi Syahrial Malik, Kapolres Kota Tebing Tinggi AKBP Enggar Parenom, Sik, Kejari Kota Tebing Tinggi Fazar Rudi Manurung, SH. MH, Kepala Datasemen B Brimob Poldasu Kota Tebing Tinggi Kompol Budiman B Panjaitan, SH, SIK, MH. Kepala Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi Drs. H. Pardamean Siregar, M.AP bersama SKPD lainnya   

alt

Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM menyampaikan Hari ulang tahun Kota Tebing Tinggi yang ke-97 yang bersamaan dengan hari Bhayangkara yang ke-68, hari Adiyaksa yang ke-54 semuanya diadakan dengan satu semangat anak-anak menyukai budaya lokal, olahraga lokal, yang dimana diketahui permainan ini sudah jarang ditemukan di perkotaan, medan ini juga mengandalkan kepada satu kerjasama tim, kekompakan tim dan juga kerja sama antara siswa sehingga bisa mereka berprestasi, olahraga-olahraga inilah yang penting diberikan kepada anak-anak untuk memotivasinya  bukan olahraga yang mengakibatkan kerusakan kesehatannya seperti game.

Hendaknya kota tebing tinggi dapat melesatarikannya setiap tahun diadakan, melalui chanel TVRI Walikota Tebing Tinggi berharap apa yang dilaksankan ini agar kiranya pemerintah pusat melalui pendidikan nasional dapat mengangkat kegiatan tersebut menjadi iven untuk anak-anak kedepannya,  kegiatan seperti ini jauh lebih untuk menanamkan budaya tradisional kepada anak-anak agar nilai kebangsaannya meningkat.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi menyampaiakn jenis kegiatan dalam memeriahkan Hari Jadi Kota Tebing Tinggi yang Ke-97 dimana kegiatan yang bertemakan “Jalin Kebersamaan Membangun Masyarakat Kota Tebing Tinggi Bidang Pendidikan Untuk Mewujudkan “SAYA CERMAT” Santun, berdaYA saing, CERdas, Mandiri dan berTaqwa”.

Selengkapnya...

Penamatan Siswa/i TK Kemala Bhayangkari Tahun 2014

pdk-tebingtinggi.com-online | Senin 16/06/14 merupakan hari bahagia bagi anak-anak TK Kemala Bhayangkari 04 cabang Kota Tebing Tinggi, dimana pada hari tersebut merupakan hari penamatan siswa/i TK Kemala Bhayangkari Kota Tebing Tinggi. Dalam acara tersebut Turut hadir Kapolres Kota Tebing Tinggi sebagai penasehat TK Kemala Bhayangkari 04 H. Enggar Parenom, Wakapolres Tebing Tinggi Kompol Zahri, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi Drs. H. Pardamean Siregar, M. Ap, Ketua Yayasan TK Kemala Bhayangkari NY. Susi Enggar Parenom, Kepala TK Kemala Bhayangkari Yulianty bersama Guru Tk Kemala Bhayangkari Kota Tebing Tinggi.alt

Dalam sambutannya Kepala TK Kemala Bhayangkari Kota Tebing Tinggi Yulianty menyampaikan segala apa yang telah dilalui bersama-sama menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan. Juga kepala TK menyampaiakan harapannya kepada anak-anak yang telah menyelesaikan pendidikan tingkat TK tersebut bahwa apa yang telah diterima anak-anak menjadi bekal untuk mengarungi kehidupan dimasa yang akan datang, tingkatkan prestasinya dengan belajar yang lebih giat lagi ditingkat SD.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidan Kota Tebing Tinggi dalam sambutannya  menyampaikn, pendidikan tingkat TK di Kota Tebing Tinggi sudah mencapai 73 kelompok PAUD se-Kota Tebing Tinggi dengan jenjang usia 6 tahun 698 orang, usia diatas 5 tahun 457 orang, peserta didik laki-laki 597 orang dan perempuan 558 orang.

Selengkapnya...

Pelepasan PAUD PNFI Kota Tebing Tinggi Tahun 2014

pdk-tebingtinggi.com-online |Anak merupakan masa depan Indonesia, mereka memiliki cita-cita yang sangat mulia dalam memajukan indonesia nantinya, dimana anak-anak ada yang bercita-cita menjadi seorang tentara, Polisi, dokter dan ahli dalam pembuatan pesawat terbang sambut Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan dalam Pelepasan PAUD yang bertemakan “Kita Tingkatkan Mutu Pelayanan Paud secara lebih terarah dan terpadu melalui berbagai program peningkatan kapasitas layanan Paud Kota Tebing Tinggi”.

Turut hadir dalam acara tersebut Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, Kepala Dinas Pendidikan Drs. H. Pardamean Siregar, M.Pd yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Suriadi, S.Pd, Bunda PAUD Kota Tebing Tinggi Ny. Hj. Sri kurnia Ningsih Umar Zunaidi,Wakil Ketua Penggerak PKK Hj. Elmina, SKPD lainnya dan Pengurus PAUD.

alt

Dalam sambutan Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan Bahwa dalam mendidik anak-anak dalam usia dini bukanlah pekerjaan yang mudah karena kita harus mengerti anak-anak apalagi pada saat sekarang ini banyak anak-anak yang dijadikan korban dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Walikota juga menyampaikan agar menjaga anak-anak yang dalam usia berliannyang menjadi harapan masa depan kita,

Walikota Tebing Tingggi dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa pesan yang pertama sejak dari usia dini harus rajin melaksanakan ibadah Sholat, membaca Al-Qur’an bagi yang beragama islam, demikian juga bagi agama lainnya. Yang kedua jagngan sekali-kali melawan kepada bapak dan ibu serta guru-guru, jika ingin menjadi orang yang sukses dibelakang hari harus rajin belajar dan beribadah, patuh terhadap nasehat orang tua dan bapak/ibu guru, yang selanjutnya sayang terhadap sesama teman dan saling menghormati.

Sementara, Kepala Dinas Pendidan Kota Tebing Tinggi dalam laporannya yang disampaikan Sekretaris menyampaiakn, kegiatan tersebut diikuti 1,155 orang yang berasal dari 73 kelompok PAUD se-Kota Tebing Tinggi dengan jenjang usia 6 tahun 698 orang, usia diatas 5 tahun 457 orang, peserta didik laki-laki 597 orang dan perempuan 558 orang.

Disampaiakan, PAUD peserta didik non-pormal di Kota Tebing Tinggi sudah tuntas dengan 1 kelurahan masing-masing di kecamatan Rambutan terdapat 17 Kelompok yang berada di 7 kelurahan, kecamatan Padang Hilir 13 Kelompok, Kecamatan Padang Hulu 12 Kelompok, Kecamatan Tebing Tinggi Kota 13 Kelompok dan Kecamatan Bajenis 18 Kelompok.

Selengkapnya...

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
Arsip Surat

Arsip surat dapat dilihat di link "ARSIP SURAT" yang ada dibawah surat Dinas atau dapat di klik di 

PETUNJUK PELAKSANAAN

Petunjuk Pelaksanaan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

PermenDikBud No.68 Tahun 2014 Peran Guru TIK

Permendikbud No.68 Tahun 2014 Tentang Peran Guru TIK 

Hak Cipta 2007-2010 Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi - Sumatera Utara | Hubungi Administrator Website | Powered by Joomla!
Best display at 1366 x 768 on Internet Explorer 8, Mozilla Firefox 3.6, Google Chrome 10, Safari 5, Opera 11